Cerita 25 Nabi HUD A.S Kaum Aad yang Menyembah berhala -->

Cerita 25 Nabi HUD A.S Kaum Aad yang Menyembah berhala

27 Mar 2018, March 27, 2018

Kaum Aad
 Nabi hud diutus ke tengah-tengah kaumnya yang sangat durhaka.mereka adalah suku aad yang berbadan besar dan kuat. 
 
Kaum aad dikaruniai tanah yang subur lengkap dan sarana irigasi yang baik. Air seolah memancar dari seluruh penjuru untuk menyirami dan menyuburkan tanah pertanian dan perkebunan mereka. 

Berkat karunia allah ini,mereka hidup makmur, mereka dapat membangun tempat tinggal yang indah dan megah. 

Dalam waktu singkat mereka berkembang pesat dan menjadi suku terbesar di antara suku-suku lainnya. 

Adalah kecenderungan manusia selalu lalai.bila kemakmuran dan kemewahan sudah tercapai mereka lupa diri dan hanya memperturutkan hawa nafsunya yang tak kenal puas. 

Bukan allah mereka sembah melainkan berhala yang bernama "shamud" dan "al-haba".

Bangsa aad terkenal paling durhaka pada zaman itu. Mereka hidup di negri ahqaf, yaitu antara yaman dan umman. Kejahatan dan kemaksiatan mereka benar-benar sangat keterlaluan. 

Ajakan nabi Hud kepada kaumnya
 Nabi hud adalah nabi yang berlapang dada, berbudi tinggi,pengasih,penuantun,sabar namun cerdas dan tegas.beliau adalah keturunan sam bin nuh (cucu nabi nuh) .Beliau di utus ke tengah-tengah kaumnya untuk menegakan kembali ajaran yang benar.

Mengembalikan umat yang tersesat dan bergelimang dosa menuju jalan yang terang benemderang di bawah ampunan allah. 

 "wahai kaumku,kaliam telah menempuh jalan yang keliru dan sesat.batu-batu berhala yang kalian sembah tidak bisa berbuat apa-apa. Tidak mampu memberikan  kebaikan maupun kemelaratan.hanya allah yang pantas kalian sembah. 

Dialah yang memberikan rezki yang berlimpah ruah sehingga kalian dapat hidup makmur di muka bumi ini. Allah yang menghidupkan kita dan mematikan kita,dan ingatlah allah akan menghidupkan kembali kita di akhirat guna mempertanggung jawabkan perbuatan kita di muka bum. Siapa yang beramal baik di dunia maka akan mendapatkan pahala surga yang penuh dengan kenikmatan,dan sebaliknya siapa yang berbuat jahat dan kemaksiatan akan menerima siksa dan penghinaan."

Ajakan nabi hud ini malah di lecehkan oleh kaumnya.mereka berkata :"mana bisa orang yang mati bisa di hidupkan kembali itu hanya omong kosong dan bualan mu saja.orang hidup hanya satu kali.susah senang ya hanya di muka bumi ini.kalau sudah mati ya sudah, tidak ada urusan lagi. "

  Mereka bahkan berani mencerca nabi hud. Dan perbuatannya makin keterlaluan.kemaksiatan merajalela. Mereka tidak mau menerima nabi hud sebagai utusan allah bahkan mengejeknya, sebagai orang bodoh tidak berakal. 

Allah menurunkan azab atas kedurhakaan mereka.bangsa aad kemudian di timpa musim kemarau panjang selama tiga tahun tak ada setetes hujan sama sekali dalam kurun itu. 

Rusaklah lahan pertanian dan perkebunan yang mereka banggakan selama ini.bahaya kelaparan mengancam di mana-mana.

  Dalam keadaan demikian nabi hud masih berkenan memberikan peringatan kepada kaumnya "hai kaum kubmohon ampunlah engaku kepada allah,dan bertaubatlah kepadanya, niscaya dia menurunkan hujan yang sangat deras dan dia menambahkan kekuatan kepada kekuatabmu dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa"

 Tapi peringatan nabi hud itu malah di tentang keras oleh mereka :"hai hud !kamu tidak mendatangkan bukti yang nyata dan kami sekali-kali tidak akan meninggalkan sembahan-sembahan kami karena perkataan mu.kami sama sekali tidak akan mempercayai kamu. 

Memang, hanya sedikit dari kaum aad yang mau beriman yang mau menjadi pengikut nabi hud. Selebihnya mereka tetap dalam kekufuran dan kedurhakaan.allah menyelamatkan nabi hud dan pengikutnya.dan sebaliknya kaum aad yang durhaka di timpa azab berupa angin yang sangat dingin lagi kencang selama tuju malamselapan hari. 

Akibatnya sungguh mengerikan.angin kencang itu sanggup merobohkan bangunan-bangunan gedung yang menjulang tinggi dan membinasakan hewan ternak serta kaum aad yang ingkar semua berantakan. Tak seorang pun dari kaum yang durhaka itu tertinggal. Semua rata dengan tanah,itulah adzab bagi mereka yang mendustakan utusan allah. 

 Ayat-ayat yang berhubungan dengan kisah nabi Hud adalah di dalam surat 26:Asy syu'araa ayat 123-140

Kaum'Aad telah mendustakan para rasul. 

Ketika saudara mereka hud berkata kepada mereka :
"mengapa kamu tidak bertakwa? 

 Sesungguhnya aku adalah seorang rasul dan kepercayaan (yang di utus) kepada mu,maka bertakwalah kepada allah dan ta'atlah kepadaku. 

 Dan sekali-sekali aku tidak minta upah kepadamu atas ajakan itu:upahlu tidak lain hanyalah dari tuhan semesata alam. 

Dan sekali-kali aku tidak meminta upah kepadamu atas ajakan itu:upahku tidak lain hanyalah dari tuhan semesta alam. 

  Apakah kamu mendirikan pada tiap-tiap tanah tinggi bangunan untuk bermain-main dan kamu membuat benteng-benteng dengan maksud supaya kamu kekal (di dunia) ?

 Dan apabila kamu menyiksa, maka kamu menyiksa sebagai orang-orang yang kejam dan bengis. 

Maka bertakwalah kepada allah yang telah menganugrahkan kepadamu apa yang kamu ketahui. 

 Dia telah menganugrahkan kepadamu binatang-binatang ternak ,dan anak-anak dan kebun-kebun dan mata air,sesungguhnya aku takut kamu akam di timpa azab hari yang besar. "

  Maka menjawab :"adalah sama bagi kami, apakah kamu memberi nasehat atau tidak memberi nasehat (agama kami)  ini tidak lain hanyalah adat kebiasaan orang dahulu.san kami tidak sekali-kali tidak akan di "azab"

 Maka mereka mendustakan hud, lalu kami binasakan mereka sesungguhnya pada yang demikian, itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan allah)tetapi kebanyakan mereka tidaj beriman.

 Dan sesungguhnya tuhanmu,dialah yang maha perkasa lagi maha penyayang. 

TerPopuler