Cerita Kelahiran Nabi Ishak AS -->

Cerita Kelahiran Nabi Ishak AS

28 Jun 2018, June 28, 2018
Gambar Ilustrasi

Pandangan islam -nabi ishak adalah putra nabi ibrahim bersama sarah. Ishak artinya tertawa.dinamakan demikian karena ibunya tertawa sewaktu mendengar kabar dari malikat bahwa ia akan mengandung,padahal umur sarah pada waktu itu sudah berumur 99 tahun dan ibrahim sudah 120 tahun.

Ada juga yang menyebutkan sarah pada waktu itu berumur 90 tahun dan ibrahim 100 tahun.

Sarah merasa sudah tua untuk melahirkan,itulah sebabnya ia tertawa ketika mendengar kabar akan mengandung dan melahirka anak.

 Tentang kenabian ishak itu di sebutkan di dalam al-Quran :"dan kami beri dia kabar gembira dengan (kelahiran) ishak,seorang nabi termasuk orang-orang shaleh. Kami limpahkan keberkahan atasnya dab atas ishak. Dan diantara anak cucunya ada yang berbuat baik dan ada pula yang dzalim terhadap dirinya sendiri dengan nyata."
                 (Ash-Shoffaat :112-113)

Nabi ishak mengajak kaumnua untuk beribadah dan hanya menyembah allah saja tanpa menyekutukannya. Ia juga menerima wahyu dan meneruskannya ajaran ayahnya yaitu ibrahim.

 Nabi ishak kawin dengan wanita haran (irak) dan di karuniai dua orang putra.yang pertama bernama ish dan yang kedua bernama ya'qub

 Dalam memimpin ummat, nabi ishak dikenal sebagai nabi yang bersifat ramah tamah hingga ummatnya merasa senang,rukun dan di beri kemakmuran yang berlimpah ruah oleh allah. 

TerPopuler