Cerita 25 Nabi Ya'Qub AS -->

Cerita 25 Nabi Ya'Qub AS

3 Jul 2018, July 03, 2018
Sujud Gambar Ilustrasi

PCN MEDIA,Firman allah dalam surat al an'aam : 84 yang artinya :

Dan kami telah menganugarahkan ishak dan yaqub kepadanya.kepada keduanya masing-masing telah kami beri petunjuk; dan kepada nuh sebelum itu (juga) telah kami beri petunjuk dan kepada kebahagiaan dari keturunan (nuh) yaitu daud,sulaiman,ayyub,musa dan harunharun.demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.

 Dari pasangan nabi ishak dan Rifqiah,lahirlah dua orang putra :
Pertama 'ish dan kedua Yaqub.

Ish sangat di sayangi ayahnya sedangkan yaqub disayangi ibunya.

Pada saat usia lanjutlanjut,nabi ishak tak dapat melihatmelihat.ia sering dilayani oleh ish.ish memang pandai berburu dan sering mendapat kijang.

Sedangkan yaqub senang berada di rumah mempelajari ilmu-ilmu agama.

Pada suatu hari rifqah menyuruh yaqub agar menyiapkan hidangan untuk ayahnya sebelum di lakukan oleh ish.

Sesudah melayani ayahnya.ayahnya men'doakan yaqub :"mudah-mudahan engkau menurunkan nabi-nabi dan raja."doa nabi adalah doa yang mustajab.

Iah yang mengetahui bahwa adiknya telah mendapatkan doa yang baik dari ayahnya menjadi iri.ia mendendam kepada yaqub karena telah di anggap lancang mendahului menyiapkan bidangan kepada ayahnya.

Sejak saat itu terjadilah perpecahan antara ish san yaqub. Ish bahkan mengancam,uaqub akan di bunuhnya supaya keturunannya tidak menjadi nabi dan raja.

untuk menghindari usaha pembunuhan itu ishak memerintahkan yaqub agar pergi ke negri faddan araam di irak.di sana ada pamannya yang bernama laban bin batwih.

Yaqub tidak berani berjalan di siang hari.takut akan di temukan dan di siksa kakaknyakakaknya.ia berjalan di malam harihari,sedang siang harinya dia beristirahat.

Oleh sebab itu anak keturunan yaqub disebut israil artinya :berjalan malam.

Akhirnya ia sampai di irak dengan selamat dan bertemu dengan pamannya ,pamannya berkata:"kau boleh tinggal di sini,kau akan ku kawinkan dengan anakku tapi syaratnya kau harus mengembalakan ternakku yang banyak selama tujuh tahun.inilah maharnya."

Yaqub setuju.sesudah tujuh tahun bekerja ia di kawinkan dengan anak pamannya yang bernama layya.kemudian mengembalakan kambing lagi selama tujuh tahun dan di kawinkan lagi dengan rahil adik layya.

Pada saat itu mengawinkan kakak beradik di perbolehkanperbolehkan.tapi pada zaman sekarang ummat nabi muhammad di larang mengawini kakak beradik sekali gus,kecuali kakak perempuan tersebut telah mati.

Yaqub akhirnya juga kawin lagi dengan dua orang perempuan jariah (pelayan layya dan rahil) yang mengurus segala keperluan kedua istrinya.dengan demikian yaqub mempunyai empat orang istrinya.

Dari istri-istrinya itu ia di karuniai 12 orang anak.dua belas orang anaknya itu adalah :

Dari istri bernama layya :
1.Rawin
2.syam'un
3.lawi
4.Yahuza
5.yasakir
6.zabulon

Dari Rahil :
1.bubyamin
2.Yusuf

Dari Jariyah Rahil :
1.Dan
2.Naftali

Dari jariyah Layya :
1.Jad
2.Asyir

Semua anaknya di irak kecuali bunyamin yang lahir di kan'an.

TerPopuler