Nabi Ayub As Cerita 25 Nabi ,Memderita Sakit Kulit -->

Nabi Ayub As Cerita 25 Nabi ,Memderita Sakit Kulit

27 Oct 2018, October 27, 2018
Gambar Ilutrasi

Media isalm - Nabi As,adalah putra ish bin ishak bin ibrahim.Nabi ayub adalah seorang yang kaya raya. istrinya banyak,anaknya banyak hartanya melimpah ruah dan ternaknya tak terbilang jumlahnya.

ia hidup makmur dan sejahtera.walaupun demikian ia tetap tekun beribadah.segala nikmat dan kesenangan yang di karuniakan kepadanya tak sampai melupakannya kepada allah.

 ia gemar berbuat kebajikan,suka menolong orang yang menderita dari golongan fakir miskin.


Cobaan Silih Berganti
  para maikat di langit terkagum-kagum dan sama membicarakan ketaatan ayub dan ke ikhlasannya dalam beribadah keoada allah.

  iblis yang mendengar pembicaraan itu merasa iri dan ingin menjerumuskan ayub agar menjadi orang yang tidak sabar dan celaka.

 pertama iblis mencoba sendiri menggoda nabi ayub agar tersesat dan tidak mau bersyukur kepada allah.namun ia gagal nabi ayub tidak tergoyahkan.

  iblis kemudian menghadap allah.meminta izin untuk menggoda nabi ayub :"wahai tuhan,sesungguhnya ayub yang senantiasa ,memuji mu,tak lain hanyalah karena aku takut kehilangan kenikmatan yang telah engkau berikan kepadanya.

 semua ibadah tidak ikhlas dan bukan karena cinta dan taat kepada-mu.andaikan ia terkena musibah dan kehilangan harta bebda, anak-anak dan istrinya belum tentu ia akan taat dan tetap ikhlas menyembah-mu.

 allah berfirman kepada iblis :"sesungguhnya ayub adalah hamba-ku yang sangat taat kepada ku,ia seorang mu'min yang sejati.apa yang ia lakukan untuk mendekatkan diri kepada-ku,adalah semata-mata didorong iman yang teguh kuat dan taat yang bulat kepada-ku.iman dan taqwanya takkan tergoyah oleh perbuatan keadaan duniawi.

  cintanya kepada-ku dan kebajikannya tidak akan menurun dan menjadi berkurang walau di timpa musibah apapun yang melanda dirinya dan hartanya.ia yakin bahwa apa yang ia miliki adalah pemberianku yang sewaktu-waktu dapat aku cabut  dari padanya. atau di jadikannya berlipat ganda.

 ia bersih dari tuduhan dan prasangkamu,engkau tidak rela melihat hamba-hambaku anak cucu adam berada di atas jalan yang lurus.untuk menguji keteguhan hati ayub dan keyakinan pada takdirku,

 ku izinkan kau menggoda dan memalingkannya dari ku,kerahkanlah pembantu-pembantumu untuk menggoda ayub melalui harta dan keluarganya.

cerai beraikanlah keluarganya,yang rukun damai sejahtera itu,lihatlah sampai di mana kemampuanmu untuk menyesatkan hamba-ku,ayub itu"

 demikianlah,iblis dan para pembantunya kemudian mulai menyerbu keimanan ayub.satu persatu hewan itu mati bergelimpangan disusul lumbung-lumbung gandum dan lahan pertanaian nabi ayub terbakar dan musnah.

   iblis mengira ayub akan berkeluh kesah setelah kehilangan ternak dan lahan pertaniannya itu.namun ayub tetap berbaik sangka kepada allah.segelanya ia serahkan kepada allah.harta adalah titipan allah sewaktu-waktu dapat saja diambil lagi.

 berikutnya iblis dan pembantu-pembantunya mendatangi putra-putri nabi ayub di gedung yang besar dan megah,mereka goyang-goyangkan tiang-tiang gedung sehingga itu kemudian roboh dan anak-anak nabi ayub mati semua.

  iblis mengira usahanya berhasil menggoyangkan iman nabi ayub yang sangat menyangyi putra putrinya itu,namun mereka kecewa.nabi ayub tetap berserah diri kepada allah.nabi ayub bersedih hati dan menangis tapi jiwa dan hatinya tetap kokoh dalam.keyakinan bahwa jika allah yang maha pembiri menghendaki semua ini maka tak ada seorang  pun mampu menghalangi-nya.

selanjutnya iblis menaburkan baksil di sekujur tubuh nabi ayub sehingga beliau menderita sakit kulit yang menjijikan.famili dan tetangganya menjauhinya.istri-istri banyak yang melarikan diri.

hanya satu orang yany setia mendampinginya yaitu rahmah.para tetangga nabj ayub tidak mau ketularan penyakit.sehingga mereka-terutama kaum ibu secara terang-terangan mengusir nabi ayub dari perkampungan.

  mereka pergi ke ujung desa, dekat pembuangan sampah namun di sana orang-orang yang tidak terima.mereka tetap mengusir nabi ayub.maka pergilah nabi ayub dan rahmah ke sebuah tempat yang sepi dari manusia.

 waktu tujuh tahun dalam penderitaan terus menerus memang merupakan ujian berat bagi ayub dan rahmah.namun nabi ayub bisa bersabar dan tetap berzikir menyebut nama allah.

 untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.rahmah terpaksa bekerja di pabrik roti.paginya berangkat sorenya kembali ke rumah pengasingan.namun lama-lama majikannya berpenyakitan.mereka khawatir rahmah membawa baksil yang dapat menular melalaui roti,maka rahmah di berhentikan dari pekerjaannya.

 rahmah yang setia ini masih memikirkan suaminya.ia meminta majikannya agar memberinya hutang roti.majikannya menolak.majikannya hanya mau memberi roti jika rahmah rela memotong gelung rambutnya yang panjang,padahal gelung rambut itu sangat di sukai suaminya.

  rahmag akhirnya setuju.namun di rumah nabi ayub menyangka rahma telah menyelewengkan,padahal tidak

 pada suatu hari,mungkin karena tidak tahan dalam penderitaan atau karena apa.rahma pamit meninggalkan suaminya.ia akan bekerja menghidupi suaminya.nabi ayub melarang,namun rahmah tetap pergi sembari berkeluh kesah.

"kiranya kau terkena bujukan setan,sehingga berkeluh kesa atas takdir allah."kata ayub kepada istrinya."awas kelak jika aku sudah sembuh kau akan ku pukul seratus kali.mulai saat ini tinggalkanlah aku seorang diri,aku tak membutuhkan pertolonganmu sampai allah menentukan takdir-nya.

 setelah di tinggal rahmah,satu-satunya orang yang masih menyayangi dan merawatnya kini nabi ayib hidup seorang diri.di dalam kamarnya ia bermunajat kepada allah." ya allah,aku telah di ganggu oleh syetan dengan kepayahan san kesusahan serta siksaan dan engkau wahai tuhan yang maha pemgasih dan maha penyayang.

 allah menerima doa nabi ayub yang telah mencapai puncak kesabaran dan keteguhan iman dalam menghadapi cobaan.berfirman allah kepada nabi ayub :"hantamkanlah kakimu ke tanah.dari situ air akan memancar dan dengan air itu kau akan sembuh dari semua penyakitmu.kesehatan dan kekuatanmu kan pulih kembali jika kau pergunakan untuk minum dan mandi.

 demikianlah,setelah nabi ayub minum dan mandi air yang memancar dari bawah kakinya,maka ia sembuh seperti sedia kala.

  sementara itu rahmah yang telah pergi meninggalkan nabi ayub,lama-lama merasa kasihan dan tak tega membiarkan nabi ayub seorang diri.ia datang menjenguk,namun ia tak mengenali suaminya lagi.karena nabi ayub sudah sembuh dan keadaannya jauh lebih baik.dari pada sebelumnya.lebih sehat dan lebih tampan.nabi ayub gembira melihat istrinya kembali,namun ia ingat dengan sumpahnya yaitu ingin memukul istrinya seratus kali. ia harus melaksanakan sumpah itu kini ia bimbang,istrinya sudah turut menderita sewaktu bersama-sama dengannya selama tujuh tahun ini,akankah ia memukulnya seratus kali.

 dalam kebimbangan datanglah wahyu allah,yang memberikan jalan keluar.firman allah :"hai ayub,ambillah lidi seratus buah dan pukulah istrimu itu sekali saja,dengan demikian tertebuslah sumpahmu.

ya dengan lidi seratus,dipukulah pelan sekali,maka sumpahnya sudah dilaksanakan.bekat kesabaran dan keteguhan imannya nabi ayub di karuniai harta lagi harta benda yang melimpah ruah.dari rahmah ia mendapat anak bernama basyar dikemdian hari mendapat julukan Dzulkifli arrinya: ounya sanggup.dzulkifli akhirnya juga menjadi nabi dan rasul.

TerPopuler