Kisah Raja Ber'ekor yang kejam Cerita rakyat Belitung -->

Kisah Raja Ber'ekor yang kejam Cerita rakyat Belitung

14 May 2019, May 14, 2019
#kisah raja ber'ekor - cerita rakayat belitung

Belitung,dahulu belitung terdapat sebuah kerajaan di daerah badau,raja ini terkanal dengan sebutan "Raja ber'ekor" dimasa kepemimpinannya pada awalnya baik-baik saja.

sang raja yang arif dan bijak sana ini berubah setelah,kesalahan sang koki kerajaan yang pada waktu itu membuat sup tidak sengaja "teriris jarinya saat memotong di atas kuah sup" sehingga darahnya bercampur dengan darah

dan di sajikanlah sup itu kepada raja,karena dia tidak bisa membuat ulang karena raja sudah lapar.sehingga koki kerajaan menyajikannya langsung

dan pada saat itu pula koki kerajaan di panggil dan raja mengatakan "sungguh kali ini masakan mu sangat berbeda,yang kau buat kali ini sangat sedap" apa resepnya sup ini

koki kerajaan sudah gemetar dan beekata "aku membuatnya seperti biasa raja" ?

Bohong kata raja,kali ini kau membuatnya sangat enak sekali dan raja terus memaksa koki kerajaan sehingga Akhirnya,koki kerajaan buka mulut

bahwa dirinya tidak ssngaja menumpahkan darah ke dalam kuah sup tadi?

dan raja ber'ekor mulai berpikir,darah manusia saja sudah enak apalagi daging manusia.

dan pada saat mual itulah raja memerintahkan prajuritnya untuk menangkap anak kecil mau orang dewasa menjadi bahan masakannya.

akhirnya orang kampung yang ada pada kerajaan tersebut sebagian lari menyelamatkan diri,dan sebagian lagi berhasil di tangkap.dan ujung-ujungnya hanya tinggal'lah beberapa orang dayang kerajaan,pengawal dan koki istana semua berjumlah 4 orang.

karena raja tersebut tidak dapat memakan lagi penduduk sekitar,karena orang semua kabur melarikan diri.hanya ada 4 orang istana kerajaan yang masih tersisa.

dan rajapun berpesan jika ada yang berani melarikan diri,maka akan di bunuh oleh raja ber'ekor akan tetapi raja juga berpesan siapa saja yang dapat menebak teka-teki dari raja maka dia tidak akan memakan 4 pegawai kerajaan yang tersisa tersebut.

sehingga akhirnya ke emapat,pegawai kerjaan ini menggunakan siasat untuk membunuh raja,karena mereka tau teka teki tersebut hanya bisa di jawab oleh sang raja dan mereka tau bahwa raja ini sangat sakti.

maka dicari taulah oleh dayang kerajaan bahwa kelemahan sang raja terletak pada ekornya yang dia simpan di dalam guci yang berada tak jauh dari tahta kedudukannya.

akhirnya ke empat pegawai istana itu datang dan ingin memberikan jawabannya,dan didekatilah raja tersebut dan di hunuskanlah oleh koki kerajaan "KIKIR" senjata untuk membunuh raja.

Definisi KIKIR
 adalah besi yang tidak terlalu panjang,biasanya digunakan untuk adat melayu untuk mengikis pinang untuk "Nyire" kalau bahasa belitungnya.


TerPopuler