Situs Makam Muslim Tertua Aik Pute Yang ada di Belitung -->

Situs Makam Muslim Tertua Aik Pute Yang ada di Belitung

7 Aug 2019, August 07, 2019
Situs Makam Muslim Tertua Aik Pute yang Ada di Belitung

PCN MEDIA,Belitung Timur.Penelusuran situs Aik Pute di Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, Senin (29/7/2019).

 Aik Pute adalah nama sebuah anak sungai yang bermuara ke aliran sungai Tinggangan, yang kemudian bermuara lagi ke aliran sungai besar Buding.
Pemandu kami saat itu adalah Yudi Brahma, pemerhati sejarah budaya Belitong yang berdomisili di Kecamatan Kelapa Kampit dan juga Andi Susanto, Ketua Lembaga Adat Melayu Belitung Timur.

"Situs ini masuk ke dalam wilayah perdukungan Buding, kuburan batu yang berada di bagian tengah pemakaman ini adalah yang paling tua," kata Yudi.
Yudi mengatakan sejumlah arkeolog sudah pernah meninjau situs tersebut.

Dan dipastikan bahwa semua makam di situs Aik Pute adalah makam muslim. Bahkan situs tersebut diduga termasuk bagian dari jejak pemakaman Islam tertua di pulau Belitung.

Baca Juga:Penambangan Liar di Belitung Timur Meresahkan Warga

Ketua LAM Beltim Andi Susanto mengatakan, situs tersebut biasa disebut dengan nama Kuboran Aik Pute.

Ia pun tak menampik jejak sejarah kuburan tersebut telah terputus dan hanya sedikit orang yang masih mengetahui ceritanya.

"Kami sudah cek semua makam ini, dan semuanya menghadap kiblat.

Keturunan dari mereka yang dimakamkan di sini masih ada hingga sekarang, umumnya keturunan itu ada di Kelapa Kampit, khususnya Desa Buding," kata Andi.

Baca Juga:Menagkap Ikan Menggunakan Setrum Dapat Dipidana Karena Melanggar UU

TerPopuler