Konsep blockchain pertama kali muncul pada tahun 1991 -->

Konsep blockchain pertama kali muncul pada tahun 1991

27 Aug 2024, August 27, 2024

Foto:Pixabay.com


VISTORBELITUNG.COM,Pada awalnya konsep Blokchain merupakan karya Stuart Haber dan W. Scott Stornetta. Mereka mengusulkan sistem untuk mencatat dokumen dengan stempel waktu yang tidak dapat diubah. Ini menjadi dasar dari teknologi blockchain yang kita kenal sekarang.


Namun, blockchain yang kita kenal secara luas saat ini, terutama terkait dengan cryptocurrency seperti Bitcoin, dikaitkan dengan sosok misterius bernama Satoshi Nakamoto. Pada tahun 2008, Satoshi menerbitkan whitepaper Bitcoin yang menjelaskan konsep blockchain sebagai dasar dari sistem pembayaran peer-to-peer yang terdesentralisasi.


Jadi, untuk menjawab pertanyaanmu secara lebih lengkap:

 ^ Konsep awal: Stuart Haber dan W. Scott Stornetta

 ^ Implementasi modern dan populer: Satoshi Nakamoto (identitas sebenarnya masih menjadi misteri)


Mengapa Satoshi Nakamoto begitu penting?

Satoshi Nakamoto berhasil menggabungkan berbagai konsep yang sudah ada sebelumnya (seperti kriptografi, peer-to-peer network, dan proof-of-work) menjadi sebuah sistem yang inovatif dan revolusioner. Bitcoin, sebagai implementasi pertama dari blockchain, menjadi tonggak sejarah dalam dunia teknologi dan keuangan.


Intinya, meskipun konsep blockchain sudah ada sebelumnya, Satoshi Nakamoto adalah sosok yang paling sering disebut sebagai penemu blockchain modern.

TerPopuler