SOEDANCO SUPRIYADI Masih Hidup Tidak Hilang Saat Pemberontakan Blitar Melawan Jepang 1945 -->

SOEDANCO SUPRIYADI Masih Hidup Tidak Hilang Saat Pemberontakan Blitar Melawan Jepang 1945

23 Sept 2024, September 23, 2024

Foto:Soedanco supriyadi pahlawan nasional


VISTORBELITUNG.COM,Siapa Sebenarnya sosok soedanco supriyadi? Beliau merupakan pahlawan nasional yang di nyatakan hilang pada usia 21 tahun, setelah pemberontakan antara blitar melawan Jepang pada pebruari 1945 yang di pimpin olehnya. 


Banyak spekulasi pada saat itu yang menyatakan beliau tewas atau gugur dan ada juga yang menyebutkan beliau di tangkap oleh tentara jepang pasca pemberontakan. 


Namun karena tidak ada bukti yang akurat maka soedanco supriyadi dinyatakan hilang. 


Namun nyatanya, Baru-baru ini muncul di media sosok yang mengaku soedanco supriyadi yang Mengenakan Topi Militer jepang yang masih di simpannya. 


di Media sosial ada yang mengaku sebagai soedanco supriyadi,bahwa dirinya bercerita singkat, menuturkan ajudannya yang bernama darsono yang sekarang sudah almarhum,semuanya muradi,ismail, parto, junanto yang selalu mengikutinya. 


Baca Juga:Lagi BIKIN VIDIO di Rel Ke reta Api 4 Orang Langsung Ketabrak Meninggal ditempat Satu anak kecil Nyangkut Meninggal


Soedanco supriyadi mengaky sebagai mandor romusa di jolosutro, pindah ke serang,pindah ke tambak atas perintah dari Jepang. 


"Dirinya manut kepada Jepang,karena jepang sudah berjanji kepada dirinya akan melindungi para pembina negara ini" Ujarnya


Namun setelah dirinya mencari tenaga-tenaga kerja untuk romusa,dirinya diberi Topi Sopir jepang, sebagai mandor kesepakatan tersebut di hianati tentara Jepang, dan pekerja romusa tidak mendapatkan bayaran yang sesuai Atas jerih paya kerja mereka saat gajian. 


Akhirnya para pekerja romusa, tidak berani pulang ke karena gaji tidak sesuai,dan para pekerja romusa memberikan titipan Gaji mereka ke Soedanco supriyadi, namun diberikannya lagi ke sumnanto ismail. 


Baca Juga:4 ABK Kehabisan Bensin Terombang Ambing di Lautan Selama 2 Hari dari Lampung Timur Tujuan Pulau Senggama Untuk Memancing

TerPopuler