Vantablack: Lubang Hitam di Bumi yang Menelan Cahaya -->

Vantablack: Lubang Hitam di Bumi yang Menelan Cahaya

1 Aug 2024, August 01, 2024
Foto:Pixabay.com
 


VISTORBELITUNG.COM,Warna hitam yang paling pekat dan mampu menyerap cahaya hampir seluruhnya disebut Vantablack. Bahan ini begitu gelap sehingga jika diaplikasikan pada sebuah objek, objek tersebut akan tampak seperti lubang dua dimensi.


Mengapa Vantablack Sangat Gelap?

 Struktur Nano: Vantablack terbuat dari jutaan nanotube karbon yang tersusun secara vertikal. Ketika cahaya mengenai permukaan Vantablack, cahaya tersebut terperangkap di antara nanotube dan terus memantul hingga akhirnya diserap.


Penyerapan Cahaya: Vantablack mampu menyerap hingga 99,965% cahaya yang mengenainya. Artinya, hampir tidak ada cahaya yang dipantulkan.


Aplikasi Vantablack

Teleskop: Vantablack digunakan untuk melapisi bagian dalam teleskop agar mengurangi cahaya yang terpantul dan meningkatkan kualitas gambar.


Kamera: Vantablack juga digunakan dalam pembuatan kamera untuk mengurangi cahaya yang masuk dan meningkatkan kontras gambar.


Militer: Potensi penggunaan Vantablack dalam bidang militer, seperti untuk kamuflase, masih terus dikembangkan.


Fakta Menarik Lainnya:

 Pesaing Vantablack: Meskipun Vantablack adalah yang paling terkenal, ada beberapa bahan lain yang memiliki tingkat kegelapan yang hampir sama, seperti Black 3.0 dan Musou Black.


Aplikasi Seni: Beberapa seniman menggunakan Vantablack untuk menciptakan karya seni yang unik dan mendalam.

TerPopuler